Festival Condet : Siswa MTs Negeri 6 Jakarta Melakukan Observasi Budaya

Tanggal postingan: Aug 07, 2016 4:4:56 AM

Jakarta, Festival Condet di wilayah Kelurahan Balekambang, Kramatjati, Jakarta Timur, digelar pada Sabtu-Minggu, 30-31 Juli 2016 lalu. Festival ini menampilkan beragam budaya Betawi, digelar dari depan Jalan Buluh yang terhubung dengan Jalan Raya Condet sampai pertigaan Batu Ampar.

Dalam kegiatan festival ini para siswa MTs Negeri 6 Jakarta melakukan observasi budaya, oleh sebuah Team (Haryati, M.Pd, Hj. Oom Komariyah, S.Pd, dan Nadiyah, SH.) membagi kegiatan ini dalam beberapa kelompok, setiap kelompok membuat laporan dalam bentuk tulisan sesuai dengan mata pelajaran (Bahasa Indonesia, IPS, Seni Budaya dan Prakarya, Matematika, PKn, IPA, Bahasa Inggris, Pelajaran Agama, PJOK dan Komputer) dengan aturan penulisan yang sudah ditentukan.

Khusus untuk mata pelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan), siswa diminta untuk mencatat tokoh-tokoh masyarakat betawi yang berperan aktif pada masa memperjuangkan kemerdekaan, tentu sebelumnya didukung oleh beberapa literatur yang memadai. Selain itu siswa juga diharuskan menyampaikan hasil fermentasi makanan khas Betawi seperti cuka aren, tape ketan dan lainnya pada mata pelajaran IPA. Membuat karangan tentang kehidupan masyarakat Betawi ke dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Festival Condet ini untuk pertama kali dijadikan sebagai salah satu sumber belajar di lingkungan MTs Negeri 6 (sistem belajar yang berorientasi kepada siswa—individual atau kelompok). Festival ini menjadi komponen penting untuk terlaksananya proses belajar mengajar, melibatkan beberapa mata pelajaran dalam satu kegiatan. Disini berbagai keterampilan dapat dikembangkan seperti membaca, bertanya, mencatat, menjelaskan, memilih, menimbang, mengkaji, merancang, menyepakati, merumuskan, menentukan ketua kelompok, membagi tugas, berdiskusi, berargumentasi dan lain sebagainya. Sehingga hal ini dapat memberikan pengalaman belajar yang kongkrit, dan dapat juga memperluas cakrawala dalam kelas bagi para siswa, sehingga tujuan yang telah ditentukan dapat di capai dengan efisien dan efektif.

Beberapa kegiatan festival dalam gambar

Festival Condet menampilkan marawis, persilatan, kuliner condet seperti dodol condet, perlombaan azan, kirab budaya, band betawi, komunitas batu akik condet, pemutaran film betawi, lenong Betawi, sunatan, dan abang none. ~nad

Foto : Nadiyah